Berbasis Teledent「American gambling」istry, Mahasiswa UGM Pantau Kesehatan Gigi Siswa

  • 时间:
  • 浏览:0

"FoAmerican gamblingamerican gamblingamerAmerican gamblingican gamblingtografi merupakan salah satu kegemaran paling umum di kalangan remaja saat ini sehingga siswa mitra hanya perlu sedikit pelatihan untuk bisa mengambil foto gigi dan rongga mulut dengan baik," terang Tiffany seperti dikutip dari laman UGM, Senin (11/10/2021).

Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ingin mengatasi kendala tersebut dengan mengembangkan program pengabdian masyarakat khususnya dalam hal pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut siswa.

Program dikembangkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat dan berhasil mendapatkan dana hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Tiffani menjelaskan, pelaksanaan program dimulai dari pelatihan bagi pelajar SMP Negeri 2 Bantul dalam mengambil potret gigi.

Bagi kalangan pelajar, pemerintah menyelenggarakan program Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) untuk mengatasi permasalagan gigi. Namun karena kondisi pandemi Covid-19, program itu sementara menjadi tertunda. Hal ini menyebabkan pemantauan kondisi gigi anak usia sekolah jadi terhambat.

KOMPAS.com - Perawatan gigi sebenarnya tidak hanya sekadar rajin menggosok gigi. Namun juga perlu mendatangi dokter gigi untuk memeriksa kondisi gigi secara keseluruhan.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Hindari Kesalahan Ini Saat Memilih Jurusan Kuliah

Baca juga: Super Indo Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK-S1, Ayo Daftar

Menurut salah satu anggota Tiffany Winata, program ini telah dijalankan di SMP Negeri 2 Bantul. Dalam pelaksanaan program ini, mahasiswa UGM memanfaatkan aplikasi pada smartphone yaitu Line sebagai sarana pendukung pemantauan kesehatan gigi dan mulut jarak jauh berbasis teledentistry melalui potret gigi.

Selain itu, melalui akun LINE siswa juga mendapatkan edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut berupa video, slide infografis, serta pemberian kuis interaktif untuk mengukur pengetahuan siswa-siswi mitra.

Program ini digagas lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi yakni Tiffany Winata, Tiara Evita Sari, Fariz Attar Aulia, Keysa Izza Kurnia, dan Rania Banurisya, Mereka dibawah binaan dosen pendamping drg. Hendri Susanto.

Pengambilan potret gigi dilakukan dari 5 sisi yaitu depan, samping kanan, samping kiri, serta permukaan kunyah atas dan bawah. Kemudian pengiriman potret gigi yang diambil dan dikirimkan secara periodik melalui pesan pribadi ke Official Account LINE sebagai sarana komunikasi dan konsultasi.