7 Manfaat Min「Baccarat China」um Air Putih, Apa Saja?

  • 时间:
  • 浏览:0

JikBaccarat Chinaa sBaccarat ChinaeseoBaccarat Chinarang berolahraga dengan intens dan cenderBaccarat Chinaung berkeringat cukup banyak, maka menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu untuk mengeluarkan performa optimal.

Fungsi otak sangat dipengaruhi oleh kecukupan air dalam tubuh.

Dilansir dari BBC, 19 Desember 2019, hal ini disebabkan sekitar 60 persen komposisi tubuh manusia terdiri dari air.

Dilansir dari Healthline, 30 Juni 2020, berikut adalah 7 manfaat minum air putih:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Namun, perlu diingat pula tambahan gula yang terkandung dalam teh, kopi, atau minuman ringan. Oleh karena itu, yang paling direkomendasikan adalah minum air putih.

Baca juga: Simak, Ini 15 Makanan yang Sebaiknya Dihindari agar Sistem Imun Kuat

Kebutuhan air harian

Jika tubuh kekurangan air, maka performa fisik yang bisa dikeluarkan juga akan berkurang. Hal ini terutama sangat penting saat sedang melakukan olahraga atau berada di lingkungan dengan cuaca panas.

Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan, seperti hilangnya 1-3 persen air dari berat badan, dapat merusak banyak aspek fungsi otak.

Hal itu dapat menyebabkan suhu tubuh berubah, motivasi berkurang, dan kelelahan meningkat. Faktor tersebut dapat membuat olahraga terasa jauh lebih berat, baik secara fisik maupun mental.

Baca juga: 11 Manfaat yang Bisa Didapat dari Secangkir Kopi Hitam

Menjaga kecukupan air telah terbukti mencegah hal ini terjadi, dan bahkan dapat mengurangi stres oksidatif yang terjadi selama latihan intensitas tinggi. Hal ini tidak mengejutkan, mengingat sekitar 80 persen dari komposisi otot adalah air.

Sehingga, kekurangan air atau dehidrasi dapat memengaruhi manusia baik secara fisik maupun mental.

Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris merekomendasikan konsumsi minimal 6-8 gelas air setiap harinya, untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.

Dalam sebuah penelitian pada wanita muda, para peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan sebesar 1,4 persen setelah olahraga dapat mengganggu mood dan konsentrasi.

Gambar otak manusia yang diambil oleh pemindaian positron emisi tomografi, juga disebut pemindaian PET, terlihat di layar pada 9 Januari 2019, di Pusat Rumah Sakit Regional dan Universitas Brest (CRHU - Pusat Hospitalier Régional et Universitaire de Brest) , Perancis barat. CHRU dari Brest baru saja mengakuisisi alat pencitraan molekuler baru, yang paling canggih di Perancis saat ini menurut pusat rumah sakit, yang mampu mendeteksi lesi yang dalam dan terutama patologi kanker, kata rumah sakit itu pada 9 Januari 2019.

Baca juga: Selain Membuat Kulit Lebih Cantik, Ini Manfaat Tempe bagi Kesehatan

Kebutuhan air juga akan meningkat bila sedang melakukan aktivitas fisik, atau bila cuaca sedang panas, yang dapat menyebabkan hilangnya cairan lewat keringat.

Baca juga: 130 Dokter Meninggal akibat Covid-19, Dokter Umum Paling Banyak

Jumlah minimal konsumsi air harian bisa diperoleh dari air putih, susu rendah lemak, minuman rendah gula, teh, dan kopi.

Dehidrasi dapat memberikan efek yang nyata jika tubuh kehilangan sedikitnya 2 persen dari cadangan air yang ada. Namun, tidak jarang atlet kehilangan 6–10 persen berat air mereka melalui keringat.

KOMPAS.com - Minum cukup air adalah aturan paling dasar dalam menjaga kesehatan tubuh.

Penelitian menunjukkan, tubuh manusia bisa bertahan berminggu-minggu tanpa makanan, namun tubuh hanya bisa bertahan beberapa hari tanpa air.